Senin, 27 Januari 2014

TAMAN KERING MENJADI TAMAN BASAH

Banyak motivasi pemilik rumah mengubah taman yang sudah ada menjadi taman dengan model atau gaya lain. Hal ini kemungkinan dikarenakan pemilik rumah merasa bosan dengan suasana tamannya, ataupun model taman yang tidak sesuai dengan trend saat ini. Perubahan ini dapat dilakukan secara total maupun parsial. Perubahan total yaitu mengganti seluruh bentuk maupun material taman lama dengan model baru, sedangkan perubahan parsial adalah mengubah taman lama dengan model baru tetapi tetap mempertahankan sebagian taman yang ada kemudian ditambahkan aksen baru. Gambar berikut merupakan taman lama yang berupa taman kering kemudian diubah sebagian menjadi taman basah dengan aksen tambahan berupa kolam hias.

Tampak Taman Lama

Tampak Taman Baru

Pada taman di atas dinding dengan pasangan batu acak garut dipertahankan dan dijadikan sebagai background air mancur, tetapi dengan sedikit penyegaran yaitu dilakukan pengecatan ulang dengan coating atau pelapis batu alam black colour. Sedangkan aksen tambahan berupa air mancur, air terjun, dan kolam hias dibuat pada bagian depan dinding pasangan batu acak garut.

Tampak Samping Kolam Hias

Dengan tambahan ini menjadikan taman kering yang sunyi lebih berirama dengan adanya gemericik air mancur yang jatuh ke dalam kolam dan air terjun yang mengalir disela-sela pasangan batu andesit.


1 komentar:

agoey mengatakan...

boleh nih..jadi inspirasi kalau sudah punya rumah sendiri...