Rabu, 04 Desember 2013

CONTOH KOLAM BALIAN

Salah satu alternatif pembuatan taman dan kolam hias pada lahan yang tidak terlalu luas dan juga tidak sempit, adalah dengan membuat kolam balian. Gambar di bawah adalah salah satu contoh kolam yang dibuat PD Berkah Jaya di daerah Pondok Cabe Tangerang Selatan dengan luas kurang lebih 6 meter persegi. Dengan luas tersebut bisa dibuat taman sederhana dengan tanaman yang tidak terlalu besar dipadukan kolam dengan air terjun.

Kolam Balian v2

Memiliki latar yang dipasang batu pacitoroso atau marmer bakar berukuran 10 x 20 cm sehingga terlihat cerah dengan warna merah bata. Dipasang pula relief dua dimensi di kedua sisi dengan list berwarna hitam dan motif kipas yang terbuat dari semen.

Air terjun mengalir melalui pasangan batu andesit susun sirih berukuran 3 x 30 cm dengan diapit dua pilar pada tepinya. Pilar dibuat selain untuk mempertegas adanya air terjun juga untuk mencegah tempias air ke sisi kanan atau kiri dan atau mencegah bocor samping. Pada pilar terpasang batu andesit alur dengan penutup di atasnya.

Kolam terdiri dari dua penampung, penampungan air kecil di bagian atas dan yang besar di bawahnya. Pada kolam atas dipasang batu candi untuk dindingnya dengan penutup pada sisi atasnya dan diletakkan kendi yang memancarkan air dari dalamnya. Pada kolam besar dipasang batu candi dengan pasangan timbul tenggelam dan dicoating warna hitam untuk melindungi dari lumut karena berhubungan langsung dengan tanah.

Pada area taman, diletakkan batu steping berukuran besar berbagai motif dan jenis batu koral yang berbeda. Tanaman yang ditanam antara lain rumput gajah, cemara udang, hanjuang merah, dan kamboja.

Kolam Balian v1


Tidak ada komentar: