Senin, 09 Desember 2013

MENGENAL PERBEDAAN BATU PARAS JOGJA DENGAN BATU PALIMANAN


Mungkin sebagian dari kita bingung bagaimana membedakan antara jenis batu paras jogja dengan batu palimanan karena kedua batu ini memiliki kemiripan tekstur dan ukuran. Selain itu kedua batu ini juga memiliki range harga yang relatif sama dipasaran, walaupun jika kita telusuri lebih jauh batu ini berasal dari tempat yang berbeda dan saat ini ketersediaan batu palimanan yang memiliki serat bagus relatif langka. Dengan kelangkaan tersebut ukuran batu palimanan pun relatif terbatas, sulit sekali menemukan penjual yang memiliki stok batu berukuran besar.

Contoh Pasangan Batu Paras Jogja Putih

Sesuai namanya batu paras jogja berasal dari wilayah Yogyakarta sedangkan batu palimanan berasal dari sebuah daerah bernama Palimanan Cirebon Jawa Barat.
Batu paras jogja yang saya ketahui memiliki dua jenis warna, yaitu putih dan krem. Sedangkan batu palimanan hanya memiliki warna dominan krem. Batu paras jogja berwarna polos tanpa motif seperti batu kapur, sedangkan batu palimanan memiliki motif/serat berwarna coklat. Mungkin jika dianalogikan seperti kayu maka batu paras jogja seperti kayu kamper dan batu palimanan seperti kayu jati.

Contoh Pasangan Batu Paras Jogja Krem


Tidak ada komentar: